Embung Langensari : Destinasi Wisata Dan Olahraga di Tengah Hiruk Pikuk Kota Yogyakarta

Sudah jarang atau bahkan sudah tidak banyak lagi Embung/Danau buatan manusia yang kita jumpai di dalam kota, kebanyakan kita dapat menikmatinya harus pergi ke luar kota terlebih dahulu. Adapun di Kota Yogyakarta untuk sekarang sudah bisa kita nikmati bersama-sama yaitu Embung langensari. Embung Langensari yang berlokasi di Jalan Kusbini No. 35, Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta memberikan suatu solusi bagi masyarakat yang ingin menikmati sejuknya udara kota tanpa pergi jauh-jauh ke luar kota.

Embung Langensari merupakan embung yang berada di tengah perkotaan berbeda dengan embung-embung yang biasanya terletak diatas bukit atau didekat tebing. Embung yang berada di tengah kota Yogyakarta ini dimanfaatkan untuk memacing, sekedar berkumpul dengan keluarga maupun sahabat, olahraga jogging, berlatih skate board, menimati indahnya sunset, tempat pertunjukan musik dll.

Fasilitas yang ada di Embung Langensari Jogja ini juga sudah banyak dimanfaatkan masyarakat yang datang meliputi trek Jogging mengelilingi embung, Panggung Terbuka, Toilet, dan juga Bangku. Embung ini berada seluas setengah hektar dan seringkali digunakan untuk memancing dan jogging. Adapula Embung Learning Center yang dimanfaatkan untuk kegiatan studi yang terletak di sebelah utara Embung ini sendiri. 

Sudah banyak juga dari pihak Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, atau bahkan dari Dinas Pariwisata maupun Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta memanfaatkan fasilitas yang ada di Embung Langensari. Mulai dari event-event sosial, ekonomi maupun budaya sudah diadakan di embung ini. Harapannya kedepan, semoga Embung Langensari dapat menjadi sebuah ikon wisata Kota Yogyakarta, pengelolaannya juga diharapkan lebih baik lagi, Embung Langensari semakin dikenal masyarakat kota maupun luar kota serta teruntuk masyarakat sekitar khususnya masyarakat/warga Klitren dapat manfaatnya dari segi apapun itu.