Pelatihan Batik Shibori

Klitren, 14 Februari 2022. Akhmad Zainuri, S.Sos selaku Lurah Klitren membuka acara pelatihan batik shibori buat tamu undangan warga Kelurahan Klitren, walaupun dalam kondisi situasi pandemi saat ini tidak menyurutkan semangat serta antusias untuk mengikuti pelatihan ini. Acara ini tetap dibatasi hanya sekitar 20 orang saja dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Shibori merupakan sebuah teknik pewarnaan kain yang berasal dari negara Jepang. Shibori dipercaya sebagai teknik pewarnaan pakaian yang tertua di Jepang, dipekirakan sudah ada sejak abad ke-18. Selayaknya batik di Indonesia, shibori merupakan salah satu teknik penciptaan pakaian secara tradisional yang kental dengan nilai-nilai budaya. Ada beberapa motif shibori yang terkenal dan banyak diaplikasikan. Meskipun seni pewarnaan ini berasal dari Jepang. Shibori berasal dari kata ‘shiboru’, yaitu tekhnik pewarnaan kain yang telah diikat, kemudian dicelup ke pewarna. Motif dari pewarnaan sibori ini mirip dengan batik, sehingga seringkali disebut batik sibori. Namun pengerjaan batik shibori lebih mudah dan sederhana dibanding batik tulis.

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan bati shibori ini, dapat meningkatkan kualitas dan ketrampilan serta meningkatkan pendapatan warga Kelurahan Klitren dalam menghadapi tantangan di era saat ini.